Selasa, 30 Juni 2009

ANDY WARHOL (biography)

Andy Warhol (6 Agustus 1928 - 22 Februari 1987)


Kebangsaan : Amerika
Aliran : Pop Art
Media : Printmaking, Lukisan, Film

Biografi:

Lahir di Pittsburgh, Andy Warhol pindah ke New York pada usia 21 tahun untuk menjadi seorang seniman komersial. Pekerjaan ini memberinya pengalaman dalam pencetakan silkscreen, yang pada akhirnya menjadi media pilihannya. Warhol membuat lukisan mulai dari objek yang familiar seperti sup kaleng dan brillo pads. Setelah periode yang singkat dengan lukisan tangannya, Warhol mulai menggunakan teknik mekanik untuk memproduksi karyanya secara massa. Ia tertarik dengan budaya populer, yang ia buktikan dengan mulai melukis selebriti dan kliping koran. Warhol juga membuat film dan bekerja sama dengan band rock, The Velvet Underground.


"Something I'm not doing these days that I should be doing is meeting more science people. I think that the best dinner party would be where each guest was required to bring a new piece of science news to the dinner table with him. Afterwards, you wouldn't feel you'd wasted any time feeding your machinery with just pieces of food. Nothing about diseases, though. Just pure science news.People send me so many presents in the mail, but I wish that instead of all the presents and art mailers I would get science mailers in language I could understand. That would make me want to open my mail again".
(Philosophy of Andy Warhol, 1975)

9 komentar:

  1. wah kiki..
    mirip sapa gtu neh mukanya!
    heheheh*

    BalasHapus
  2. adrie : ini Andy Warhol, drie. salah satu seniman yang beraliran pop art. lo pasti pernah lihat deh salah satu hasil karyanya, apalagi lo anak pejaten, pasti lah lo tau.*hahaha..gk ngaruh ya?!

    dimas : hayo..mirip siapa, mas..?!

    BalasHapus
  3. waa,,, ini mah kakek buyut gw..
    hahahhaha

    BalasHapus
  4. hmmh,baru prtama kali liat Andy Warhol.. mirip yang jahat di spiderman tea.spiderman 1..siapa ya namanya??

    BalasHapus
  5. ina : green goblin?!*hahahaha..sotoy pisan gw mah!
    pokoknya itulah, ngarti kok aing maksudmu, ina. itukan yg ayah sahabatnya peter parker?

    BalasHapus
  6. Andy Warhol???

    yg maen The Chocolate Factory bukann??

    BalasHapus
  7. Shin-O-Shiinn : no bebel, andy warhol sudah wafat dari 22 Februari 1987. yang main charlie and the chocolate factory itu adalah Johnny Depp yang jadi Willy Wonka. dia bukan maksudmu, bebel?

    BalasHapus
  8. i like this !!!


    * thecoloroftiti.blogspot.com

    BalasHapus